Selasa, 20 Mei 2014

Teknik marmet! Merah asi pake tangan yuk!

Bagi para momies yang bekerja dan tetap ingin asi *bukan kerja di rumah ya pastinya* breastpump pasti menjadi kebutuhan yang cukup sakral..
Ga sedikit orang yang mencoba berbagai brand dulu baru menemukan yang cocok.. Ada juga yang sekali coba langsung cocok.. Ada juga yang uda mencoba macem2 tetep aja gada yang cocok.. Ada juga yang sebenernya ga cocok tapi ya apa boleh buat uda dibeli juga.. Ga murah juga kan belinya.. Apalagi sekarang setelah harga dolar makin tinggi makin mahal pula harga para breastpump *lirik harga breastpump yang dulu 1.450.000 sekarang 1.700.000 wew*
Menurut temen gue pake manual itu capenya pake bingiits *ikutan para ababil*
Tapi pas hamil dan setelah lahiran gue dateng ke klinik laktasi rs carolus..
Nah disana diajarin lah teknik marmet yaitu teknik memerah dengan tangan..
Trus dikasih tau juga kalo nyetok asi nanti aja 2minggu sebelum masuk kerja.. Wew apa iya cukup..?
Secara gue pernah coba merah cuman dapet 30ml dalam waktu lama pake ngos2an pula..
Okelah dari awal gue pun rajin nyetok asip kadang2 sedikit lalu gue gabungin..
Lama2 meningkat 30ml,45ml,50ml,70ml,100ml..
Pas 100 ni seneng pake bingits de..
Tapi tetep aja ya lamaa.. And yup cape..
Nah ada temen gue yang kaget denger gue pake tangan kayanya ga make sense buat dia de merah pake tangan..
dan dia nyaranin mending pake BP medela swing aja enak bisa sambil nonton sambil chating,tiba2 uda banyak aja.. Gue bandingin juga waktunya sama sih kira2 30 menit..
Akhirnya semangat 45 marmet melemah menjadi semangat 20 dimana kita belom merdeka *lebaynya kejauhan hehe*
Setelah keracunan enaknya medela swing.. Akhirnya gue beli de tu si swing..
Sempet lama juga tu datengnya gegara banjir(mesen lewat sms di toko audrey)
Langsung donk dipake.. Tapi ternyata berasa lama juga tuh ya.. Srot srotnya biasa aja ga kaya lagi pas merah pake tangan yang bisa muncrat kemana2..
Dan hasilnya sama aja tuh 30 menit juga.. Ga praktis ya secara kalo ngantor kita harus 2x pompa berarti 60 menit donk..
Trus ya kalo kita mompa/merah biasa payudara yang sebelah tuh jadi netes2 juga.. Dulu gue sampe beli avent breast shell.. Lumayan loh bisa dapet 30ml dari tetesannya..
Nah gue pikir biar lebih cepet lagi ni kayanya mendingan sebelah mompa sebelah merah de..
Dengan posisi duduk dan kaki menekuk untuk menahan BP, dua tangan lainnya untuk memerah dengan tangan.. Dan hasilnya lebih banyak dan lebih cepet juga..
Cara ini gue pake terus dan kayanya dengan banyak latihan,tangan gue makin ahli..
Sampe gue males ya mesti nyuci lagi dan lagi para BP dan botol2 itu.. Ribet..
Ditambah gue liat kayanya yang pake BP itu selalu lebih dikit hasilnya daripada pake tangan.. Misalnya dapet 270ml itu 150ml hasil tangan sedangkan si BP cuma 100ml.. Jadi gue mengasumsikan kalo pake tangan dua2nya pasti lebih maksimal donk plus waktunya lbh cepet..
Akhirnya gue dapet cara untuk bisa merah dua2nya langsung! Ga pake gantian..
Soalnya kita harus memanfaatkan waktu LDR yang dateng yaitu waktu mengeras sampe menetes2.. Itulah waktu yang pas..
Teknik ciptaan gue.. Ga tau sih ada juga uda pake belom ya..?☺️
Jadi gini gue pake 2 avent cup buat nampung, gue taroh diatas meja rias gua.. Trus gue nunduk dengan posisi payudara diatas avent cup.. Trus perah de.. Ya gayanya sih emank ga banget ahahah.. Tapi sangat efisien and praktis..
Ga perlu cuci2 BP.. Ga perlu berat2 bawa2 BP.. Ga perlu lama2..
Cukup cuci tangan aja, bawaan cukup cooler bag isi 2 avent cup dan ice pack.. waktu cukup 10 menit dan hasilnya maximal banget.. Gue pernah dapet 395ml sebagai rekor dalam 10 menit hoho..
Cuman susahnya adalah harus ada ruangan tertutup yang bisa dikunci.. Dan kalo bisa ada meja gitu.. Soalnya gue pernah diruangan kosong gada apa2 jadinya gue harus berlutut2 gitu hiks.. 
Gapapa deh demi..
Btw si medela swing itu gue jual lagi setelah sebulan dibeli.. Ga guna sih.. Rugi de duit gua tuh gara2 kemakan omongan orang..






Tidak ada komentar:

Posting Komentar